SMK Negeri 1 Juwiring | Official Site

SWAB TEST DAN VAKSINASI PELAJAR MENDUKUNG PTM

Berdasarkan Surat Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, atas nama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Nomor: 421.3/CABDINV/1455/IX/2021, tanggal 17 September 2021, SMK Negeri 1 Juwiring termasuk salah satu Sekolah yang direkomendasi untuk melaksanakan Simulasi PTM tahap II, mulai Senin 20 September 2021.

Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Sekolah, mulai dari sarana dan prasarana Protokol Kesehatan (Prokes), Prosedur Operasi Standar (POS) Prokes dari rumah, di Sekolah, sampai pulang, Video Simulasi PTM, juga Ruang Kelas dan Lab, Jadwal Pelajaran Simulasi PTM, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sekolah dengan koordinator WKS Sarpras Ketenagaan, Bapak Wiyana, S.Kom., M.Kom., dan Tim Pelaksana Simulasi PTM dengan koordinator WKS Kurikulum, Bapak Abdul Azis, S.Pd.

Hari pertama Simulasi PTM Senin 20 September 2021, langsung berjalan dengan lancar sesuai POS yang direncanakan. Hari pertama dan kedua Simulasi PTM diikuti oleh 50 Peserta Didik Klas XI dari seluruh Kompetensi Keahlian, yang terdiri dari 45 Peserta Didik peserta utama ANBK, dan 5 Peserta Didik cadangan peserta ANBK tahun 2020/2021.

Simulasi PTM mulai hari ketiga Rabu 22 September 2021 dilaksanakan dalam 2 sesi, yang diikuti 108 Peserta Didik per sesi, diawali Klas XII Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen (Bismen), yang terdiri dari Kompetensi Keahlian BDP, OTKP, dan AKL.

Bersamaan dengan pelaksanaan hari ketiga Simulasi PTM, Camat Juwiring Bapak Herlambang Jaka Santosa, SE., M.Si., selaku Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kecamatan Juwiring, melalui surat Nomor: 730/701/34.14 tanggal 22 September 2021, meminta untuk dilakukan Uji Petik Swab Test Antigen untuk sejumlah Peserta Didik.

Pelaksanaan Uji Petik Swab Test dipimpin langsung oleh Camat Juwiring, didampingi Kapolsek Juwiring IPTU Sumardi, dan dr. Mariana dari Puskesmas Juwiring. Pelaksana Swab Test oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Juwiring, dengan sampel Uji Petik 13 Peserta Didik peserta Simulasi PTM. Dari ke-13 sampel, hasil test dinyatakan non reaktif semua.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dr. Cahyono Widodo, M.Kes., memberikan Jadwal Vaksinasi Pelajar kepada SMK Negeri 1 Juwiring, Jumat 01 Oktober 2021 Jam 07.00-11.30. Dimana pada saat itu yang terjadwal Simulasi PTM, Klas XII Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang terdiri dari 2 Kompetensi Keahlian yaitu TKJ dan MM.

Tim vaksinator terdiri dari tenaga kesehatan dari RSKB 21 Diponegoro Klaten, Stikes Dutagama Klaten, dan IBI Klaten, dengan ketua tim dr. Abriyan. Teknis pelaksanaan dibantu sejumlah panitia internal Sekolah dengan koordinator WKS Kesiswaan, Ibu Eny Tarbiyatun SR. S.Pd., M.Pd. Peserta vaksinasi seluruh Peserta Didik SMK Negeri 1 Juwiring yang terdaftar sejumlah 1.053, dikurangi beberapa Peserta Didik yang sudah mengikuti vaksinasi di Desa masing-masing.

Sebelum vaksinasi dimulai, dibuka dengan doa dilanjutkan dengan pengantar oleh Kepala SMK Negeri 1 Juwiring, Drs. Yulius Widiyanto, M.T. yang diakhiri dengan memberikan pesan, walau sudah vaksinasi dosis pertama, Peserta Didik supaya tetap melaksanakan Protokol Kesehatan dengan ketat. Pelaksanaan Vaksinasi Pelajar terlaksana dengan lancar dan selamat, tanpa ada peserta yang mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

(Reporter: Yulius Wd.)

Tinggalkan komentar