SMK Negeri 1 Juwiring | Official Site

SMK N 1 Juwiring Luncurkan Teaching Factory dan Kelas Industri

KLATEN,suaramerdekasolo.com  – Memasuki era revolusi industri 4.0, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Juwiring, Klaten memanfaatkan tekonologi digital dalam proses pembelajaran yang inovatif.

Tujuannya mencetak sumberdaya manusia yang punya kompetansi global dan mampu beradaptasi dengan era dimana teknologi informsi berkembang begitu cepat.

Untuk itu dilakukan peluncuran Teaching Factory dan Kelas Industri berbasis pembelajaran Industri 4.0 di sekolah setempat, Desa Mrisen, Kecamatan Juwiring, Klaten, Selasa (10/12).

Peluncuran teaching factory dan kelas industri dilakukan Pengawas Pembina SMK Drs Wahono MPd. Acara dihadiri Muspika Juwiring, para kepala SMK, kepala SMP, komite sekolah, dunia usaha dan industri serta tamu undangan.

Kepala SMKN 1 Juwiring, Drs Yulius Widiyanto MT mengatakan Teaching Factory diterapkan pada  5 kompetensi keahlian teknik komputer jaringan (TKJ), multi media (MM), bisnis daring dan pemasaran (BDP), otomatisasi tata kelola perkantoran (OTKP) dan akuntansi keuangan lembaga (AKL).

”Pengembangan kompetensi siswa di era revolusi industri menjadi fokus SMKN 1 Juwiring. Pengembangan minat kewirausahaan dipandang strategis untuk menyiapkan lulusan yang produktif dan berkarakter. Penerapan teaching factory dan kelas industri merupakan salah satu upaya memperkuat kerja sama dengan dunia usaha dan industri,” kata Widiyanto.

Untuk itu, SMKN 1 Juwiring bekerja sama dengan CV Bengawan Multi Trading, Device Network Aplication (DNA) Initiatif, PT Robota, PT Lintas Data Prima, PT Globalindo, Lembaga Sertifikasi Kompetensi Sekretaris
Kantor Akuntan Publik Wartono Surakarta, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan CV Amigo Mangestu Utomo.

”SMKN 1 Juwiringnempunyai beberapa factory teaching dan 6 kelas industri. Materi diberikan sesuai kompetensi keahlian yang dipilih siswa. Tujuannya, lulusan lebih berkompeten dan lebih siap kerja,” tegas Widiyanto.

Sebelumnya, SMKN 1 Juwiring sudah melaksanakan pembelajaran berbasis web sekolah melalui program e-learning dan office 365, computer based test, dan e-rapor.

sumber: https://suaramerdekasolo.com/2019/12/10/smkn-1-juwiring-luncurkan-teaching-factory-dan-kelas-industri/

Tinggalkan komentar